Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kartu kalimat dapat meningkatkan ketreampilan dan hasil belajar menyusun paragraf pada siswa kelas III SD Negeri Tawang 02 semester I tahun pelajaran 2012/2013. Keterampilan belajar siswa dari siklus I ke siklus II terdapat peningkatan: ketrampilan menyusun paragraf (nilai rata-rata meningkat 1,0; persentase naik 20%; dari kategori baik menjadi amat baik), keterampilan menjawab pertanyaan (nilai rata-rata naik 1,0; prosentase naik 20%; dari kategori baik menjadi amat baik); keterampilan mencari kata (nilai rata-rata naik 1,3; prosentase naik 26,7%; dari kategori baik menjadi amat baik); keterampilan menulis paragraf (nilai rata-rata naik 0,9; prosentase naik 17,8%; dari kategori baik menjadi amat baik), dan keterampilan memahami huruf kapital (nilai rata-rata meningkat 0,7; persentase naik 15,6%; dari kategori baik menjadi amat baik). Hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu dari 2 siswa (22%) yang mendapat nilai tuntas menjadi 7 siswa (67%). Terjadi peningkatan sebanyak 5 siswa (45%) dan nilai rata-rata kelas dari 68,1 menjadi 70,0, meningkat sebesar 8,2