Proses pembelajaran dalam Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) menuntut adanya partisipasi aktif dari seluruh siswa. Sehingga kegiatan belajar berpusat pada siswa, guru sebagai motivator dan fasilitator di dalamnya agar suasana kelas lebih hidup. Pembelajaran kooperatif terutama teknik Jigsaw dianggap cocok diterapkan dalam pendidikan di Indonesia karena sesuai dengan budaya bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi nilai gotong royong.
Telah diketahui bahwa keunggulan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Siswa tidak hanya mempelajari materi yang diberikan, tetapi mereka juga harus siap memberikan dan mengajarkan materi tersebut pada anggota kelompokknya yang lain. Meningkatkan kerjasama secara kooperatif untuk mempelajari materi yang ditugaskan
Hal tersebut di atas, mendasari perlunya diadakan penelitian tindakan kelas dengan judul “Peningkatan dan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Isalam Materi Sifat Wajib bagi Allah SWT Melalui Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas III SD Negeri Karangmojo 01 semester I tahun pelajaran 2011/2012”